ATASI PENINGKATAN JUMLAH PEMINAT Unes Dirikan Gedung Tiga Lantai

ATASI PENINGKATAN JUMLAH PEMINAT Unes Dirikan Gedung Tiga Lantai

Posted By Ismarianto    CATEGORY Informasi    on 19 Oktober 2017   

ATASI PENINGKATAN JUMLAH PEMINAT

Unes Dirikan Gedung Tiga Lantai

PADANG, HALUAN — Universitas Eka Sakti (Unes) sedang mendirikan gedung tiga lantai untuk mengatasi meningkatnya minat masya­rakat untuk melanjutkan pendidikan di kam­pus itu. Pembangunan gedung 17 lokal itu baru memasuki tahap awal dan diperkirakan bisa dipergunakan saat penerimaan maha­siswa baru tahun depan.

“Pengerjaannya baru di­lak­sanakan sejak dua bulan lalu. Gedung tersebut ren­cana­nya akan dipergunakan untuk Fakultas Hukum,” ujar Kepala Humas Unes, Syaf­ru­d­din kepada Haluan di ruang kerjanya, Selasa (8/11).

Syafruddin menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir jumlah peminat Unes terus meningkat. Pada tahun ajaran 2016/2017, Unes menerima lebih kurang 2.200 maha­siswa baru. Sementara itu, pada tahun ajaran 2015/2016 dan 2014/2015, Unes mene­rima sekitar 2.020 mahasiswa dan 1.900 mahasiswa.

Sejalan dengan pem­ba­ngu­nan gedung baru itu, Unes juga sedang mem­bang­un lapangan futsal indoor. Lapangan yang ditargetkan bisa digunakan pada 2017 itu nantinya bisa digunakan se­bagai lapangan badminton dan gedung serbaguna.

“Kapasitas gedungnya sekitar 2.000 orang,” kata Syafruddin melanjutkan.

Tahun lalu Unes juga telah mendirikan dua la­bo­ratorium untuk Fakultas Ke­gu­ruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yaitu laboratorium pembelajaran mikro dan laboratorium bahasa. Kedua laboratorium itu sudah di­per­gunakan pada tahun ajaran sekarang.

Peningkatan jumlah pe­mi­nat itu juga berbanding lurus dengan upaya Unes dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya. November lalu, dua program studi di Unes, yaitu Pendidikan Ba­hasa Inggris dan Pendidikan Ekonomi meraih akreditasi B. Kedua prodi tersebut, kata Syafruddin, hanya kurang sembilan poin untuk men­dapatkan akreditasi A. Se­men­tara itu, juga ada dua prodi yang sedang menunggu hasil akreditasi, yaitu Pen­di­dikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sastra Inggris.

“Beberapa prodi lainnya juga sedang dipersiapkan untuk akreditasi, seperti Prodi Teknik Arsitektur,” kata dia.

Peningkatan kualitas do­sen juga tengah dilakukan Unes. Semua dosen sudah ber­pen­didi­kan S-2 dan jum­lah doktor juga semakin ber­tam­bah. Saat ini beberapa dosen juga tengah melan­jut­kan studi di berbagai per­gu­ruan tinggi dalam dan luar negeri.

“Di Universiti Ke­bang­saan Malaysia, ada lima do­sen kita yang sedang kuliah S-3,” ujar Syafruddin.

Alumni Unes itu pun berharap berbagai upaya yang telah dilakukan Unes bisa meningkatkan mutu lulusan. Pihak Unes juga menekankan mahasiswanya untuk tidak mengejar ambisi menjadi pegawai negeri sipil.

“Mahasiswa kita arahkan untuk menjadi pembuka la­pangan kerja sehingga bisa menurunkan angka pengang­guran,” ujarnya. (h/mg-sas)